Tempat Wisata Kuliner di Madiun

6 January 2016, Comments 0

Tempat Wisata Kuliner di Madiun Anda saat ini sedang berada di kota Madiun? Apabila anda masih pertama kali datang ke kota Gadis ini barangkali anda akan bingung makanan apa yang khas dan dapat dinikmati ketika datang di kota Madiun. MAdiun sendiri dikenal sebagai kota Gadis karena merupakan sebuah singkatan dari Perdagangan dan Industri.

Hal ini didukung oleh adanya PT KAI sebagai induk perusahaan produsen kereta Api di Indonesia. Ada banyak cita rasa masakan yang tersebar di seluruh kota Madiun, baik itu berupa makanan,minuman maupun jajanan. Dalam tulisan Makanan Khas Madiun kali ini kami akan membahas beberapa makanan yang populer saja. Lebih dari itu anda dapat mengetahui langsung saja di kota Madiun ;d.

Nasi Pecel khas madiun

Sudah bukan rahasia Umum sebenarnya kalau pecel merupakan makanan yang banyak tersebar di Jawa Timur, bahkan sampai di seluruh Indonesia. Termasuk Madiun itu sendiri yang jelas terkenal dengan pecelnya, berbeda dengan pecel dari daerah lain pecel khas Madiun memiliki cita rasa khas serta rasa pedas dan wangi.

Pecel Khas Madiun

Pecel madiun sedikit terasa pedas khas,dan wangi karena daun jeruk dan pastinya sangat cocok dimakan sebagai teman sarapan. Bahan dasarnya adalah:

  • Kacang Tanah
  • Gula Merah
  • Kencur
  • Daun Jeruk

Bagi anda yang sedang berada di kota Madiun sangat cocok untuk merasakan pecel khas Madiun, dengan harga super murah mulai Rp. 3.000 sampai Rp. 5000. Bayangkan apabila kita datang dari kota besar harga ini suungguh sangat murah.

Jajanan Brem Asli Madiun

Sepertinya hampir seluruh warga Indonesia sepakat kalau jajanan brem berasal dari Madiun, brem hampir selalu ada penjualnya di setiap bis dan kereta di Jawa Timur. Brem berwarna kuning dengan rasa dingin segar khas, memang cocok dengan iklim Madiun yang sedikit panas. Sangat cocok bagi semua tamu untuk kembali dari Madiun dengan membawa oleh-oleh Jajanan Brem Asli Madiun.

 

Jajan Brem khas Madiun

Jajan Brem khas Madiun

Brem biasa dibuat berbentuk kotak panjang maupun pendek, Brem sendiri terbuat dari bahan dasar beras yang difermentasi. Dengan berbagai pilihan kemasan sehingga sangat bervariasi mengenai harganya. Harga brem saat ini berkisar Rp 5.000 perbungkus

Madumongso ketan hitam

Belum pernah dengar nama Madumongso? Yah mungkin mayoritas tamu dari kota besar tidak tau nama ini. Namun madumongso merupakan makanan unik yang diolah dari ketan. Namun sayang sekali madumongso tidak seterkenal Brem sebagai ikon kota Madiun.

Madumongso khas Madiun

Madumongso diolah hampir menyerupai dodol, yakni ketan dimasak kemudian difermentasi kemudian dimasak kembali. Harga Madumongso sangat murah hanya sekitar Rp. 1.000,00 – Rp. 5.000,00. Banyak sekali ditemukan di bagian barat Jawa TImur

Makanan khas kota madiun,kita seharusnya selalu bangga dengan keberagaman bangsa ini tidak lepas juga dengan kulinernya. Oleh sebab itu kita sebagai generasi penerus bangsa lebih baik kalau dapat menjaganya sebagai identitas kita semua

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PESAN SEKARANG JUGA - 081357081868